Berita Asmawira

Reading

Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan

Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan

Table of Contents

Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan

Salah satu pertanyaan paling umum di antara pengemudi adalah penggantian oli. Proses ini dapat memberi Anda banyak masalah, terutama jika Anda tidak memiliki pengetahuan di tentang otomotif. Apa yang harus dilakukan dalam situasi ini? Hal-hal yang dipelajari secara bertahap, terutama karena perawatan mobil merupakan aspek yang tidak boleh diabaikan.

Jika Anda berada dalam situasi ini, berarti anda tepat untuk membaca artikel ini. Anda akan menemukan tips paling penting untuk merawat mobil Anda sendiri terutama untuk pergantian oli kendaraan.

1. BERAPA KILOMETER DAN OLI HARUS MUALI DIGANTI

Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan
Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan

Mengganti oli sangat penting untuk pengoperasian mobil yang benar. Disarankan untuk diganti setiap 10-15 ribu kilometer atau sekitar 3 bulan sekali. Kisaran ini disebutkan oleh pabrikan dalam lembar data teknis mobil dan mungkin berbeda tergantung negaranya dan tergantung jarak tempuh serta waktu. jadi mana yang lebih dahulu tercapai

Misalnya untuk model mobil tertentu, disarankan untuk mengganti pelumas pada jarak 15.000 km jika menempuh perjalanan di Jerman, sedangkan untuk Rumania disarankan untuk menggantinya hingga 10.000 km. Penjelasannya adalah bahwa jalan lebih buruk dalam kasus kedua, dan tingkat polusi lebih tinggi, yang menyebabkan keausan cairan lebih cepat.

Juga, jika Anda memiliki mobil yang lebih tua dan Anda ingin menjaganya dalam kondisi terbaik, Anda dapat mengganti oli dan filter pada 5.000 kilometer. Interval ini juga berlaku jika Anda memiliki gaya mengemudi yang sporty, Anda melaju dengan kecepatan tinggi dan Anda membutuhkan segalanya untuk bekerja dengan sempurna.

Oli memainkan peran yang sangat penting dalam pengoperasian mobil yang benar, karena selain fungsi pelumasnya, ia harus membersihkan residu dari pembakaran, mendinginkan mesin, melindungi dari korosi dan memastikan kekencangan antara permukaan komponen internal.

Baca Juga :  Petungkriyono, Pesona Menawan Dibalik Hutan Lindung

Pertanyaannya adalah, “Mengapa oli mesin aus?” Karena perannya untuk melumasi mesin dan mengurangi gaya gesekan antar bagian logam, setelah digunakan berulang kali, viskositasnya menurun, menjadi tidak efisien dalam melumasi komponen.

Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan
Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan

Mengapa Anda perlu mengganti pelumas? Pertama-tama, jika tidak diubah tepat waktu, ada risiko mesin akan memburuk lebih cepat, yang meningkatkan risiko kecelakaan. Selain itu, bahkan filter dapat tersumbat, terserap ke dalam komponen sistem pelumasan.

Perganitan pelumas kendaraan tidak hanya membutuhkan jenis oli yang mahal saja, tetapi apakah oli tersebut cocok untuk kendaraan anda, disini kami merekomendasikan Oli dengan teknologi Base Oil Ester yang tidak ada di jenis Oli lain, Oli X-TEN merupakan satu-satunya Oli kendaraan yang saat ini memiliki teknologi tersebut.

Ada beberapa tanda bahwa Anda mungkin perlu mengganti oli:

  • perubahan warna, jika mengambil rona gelap
  • mengubah tekstur, jika mendapat tekstur berpasir.

2. PERSYARATAN PENGGANTIAN MINYAK DAN FILTER

Saat melakukan perbaikan kendaraan, bukan hanya oli saja yang perlu diganti, tetapi juga perlu mengganti filter bahan bakar, oli, udara, dan komponen spare part lainnya

Pertama-tama, Anda perlu mempertimbangkan jenis pelumas, viskositas dan kuantitasnya. Jika Anda tidak mengetahui hal-hal ini, Anda dapat menemukannya di buku teknis mobil atau bahkan di manual perawatan. Tentu saja, oli untuk mesin diesel akan berbeda dengan oli untuk mesin bensin. Untuk mobil ukuran normal, Anda membutuhkan sekitar 4-6 liter.

Filter juga dipilih sesuai dengan spesifikasi pabrikan mobil.

Meskipun mengganti oli mesin dapat dengan mudah dilakukan sendiri, Anda disarankan untuk mencari layanan dari layanan spesialis. Anda memerlukan alat, Anda harus mengikuti langkah-langkah kerja, dan akhirnya, mengatur ulang komputer terpasang, yang menunjukkan kepada Anda berapa km yang telah Anda tempuh sejak perombakan terakhir. Selain itu, mengubah filter adalah pekerjaan yang penting untuk beralih ke profesional.

Baca Juga :  Lingkungan SMAN 1 Wiradesa, Saat Ini

Karena itu, ikuti instruksi dari pabrikan mobil mengenai interval yang ditunjukkan untuk penggantian oli dan filter, pilih bahan habis pakai yang berkualitas dan pergi ke layanan untuk penggantiannya. Dengan cara ini, Anda memastikan bahwa Anda menjaga mobil Anda dalam kondisi terbaik.

Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan
Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan

3. PERTANYAAN DAN JAWABAN YANG SERING DIAJUKAN TENTANG PERTUKARAN MINYAK

Tips Kapan Waktunya Pergantian Oli Kendaraan Dilakukan Dan Ganti oli berapa km?

Umumnya, oli diganti setiap 10.000-15000 km atau setiap tahun, tetapi kisarannya dapat bervariasi tergantung pada beberapa kriteria. Jika itu adalah mobil yang lebih tua atau Anda berkendara lebih sporty, idealnya untuk overhaul lebih sering, yaitu pada 5.000 km. Jika Anda ingin menghindari kunjungan servis berulang ini, Anda dapat memilih mobil listrik yang tidak memerlukan penggantian pelumas.

Berapa kilometer diesel berubah?

Rekomendasi umum adalah 10.000 km, tetapi kisaran ini juga tergantung pada jalan yang Anda lalui dan cara Anda mengemudi. Kalau ke kota lebih banyak, ada baiknya ganti oli dan filter.

Kesimpulan

Merawat kendaraan adalah hal wajib yang harus dilakukan bagi pemilik kendaraan, karena jika tidak kendaraan anda pastinya akan rewel saat melakukan perjalanan jauh, membeli pelumas oli baik roda 4 atau roda 2 ada baiknya untuk cek telebih dahulu, terutama untuk roda 2 dalam hal ini Motor Matic

Mesin motor matic rentan jika anda salah memilih oli yang tidak tepat, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia bisa anda dapatkan di gerai Bengkel Motor seperti Planet Ban atau Mobeng terdekat di kota anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Sugeng Rawuh

Install APP ASMAWIRA
×
Admin Situs Asmawira Siap Membantu Anda Kapan Saja, Jangan Sungkan Untuk Menghubungi Kami!
Scroll to Top
X